Sabtu, 23 April 2011

Kesetaraan Gender Di Semua Bidang


Di negeri ini seorang wanita pernah menjadi presiden, menteri anggota legislatif, produser film, serta profesi lain yang membanggakan. Dalam hal ini, kartini selaku tokoh emansipasi boleh berbangga.

Di era globalisasi ini sudah banyak generasi penerusnya yang meraih sukses di segala bidang. Semua profesi yang menjaanjikan sudah bisa diduduki kaum perempuan. Bahkan, untuk bidang yang identik dengan kaum pia sekalipun, wanita sudah menduduki peran strategis di sana.

Di sisi lain, RA Kartini juga merasa prihatin, sebab harapannya mengangkat derajat kaum perempuan dari keterpurukan hidup akibat kebodohan, tidak sepenuhnya berhasil. Tengok saja para wanita yang sampai saat ini masih belum dapat mengenyam pendidikan yang layak karena terbentur masalah biaya.

Atau para Tenaga Kerja Wanita yang kurang mendapat perhatian dan perlindungan pemerintah. Sehingga mereka selalu berhadapan dengan perlakuan buruk berupa kekerasan dan pelecehan seksual di negeri orang.
Masalah lain, begitu banyak kaum perempuan yang belum merdeka secara pribadi. Masih sering terdengar oleh kita perihnya nasib perempuan yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga, diceraikan sepihak oleh suaminya, dilecehkan, diintimidasi, dan sebagainya.

Di dunia kerja sendiri, tak jarang wanita hanya dijadikan objek dan subordinat ketimbang subjek dan ordinat. Baik disadari maupun tidak oleh dirinya, kecantikan dan kemolekan tubuh wanita banyak dimanfaatkan. Pada umumnya kaum laki-laki memandang wanita hanya terfokus pada jasmaniahnya, bukan pada potensi diri dan kecerdasannya.

Meskipun membanggakan di berbagai bidang, fenomena Women Empowerment saat ini, juga masih menyisakan ironi yang mendalam. Namun, mari lihat sisi positifnya. Kita dapat mengambil contoh wanita-wanita sukses dan berhasil bebas dari intimidasi sekaligus keluar dari comfort zone. Sudah saatnya kesetaraan gender di semua bidang tidak lagi menjadi tuntutan kaum wanita, namun sudah otomatis diberikan.
MARKET+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kumpulan cerpen, kisah hikmah, kisah teladan, cerita islami, humor sufi, tauziah dan lain-lain semua terangkum dalam Cerita Kehidupan tersaji untuk anda, dan Selamat Membaca