Selasa, 19 April 2011

Candi Borobudur


Anda tentu kenal dengan candi Borobudur. Tapi apakah anda pernah mengunjunginya?

Terletak di dekat kota Magelang, Borobudur merupakan candi Budha yang dibangun pada abad kesembilan masehi.

Sebagai kuil Budha yang terbesar di seluruh dunia, Borobudur adalah salah satu hasil budaya manusia yang paling sering dikunjungi lebih dari sejuta
wisatawan setiap tahunnya, baik domestik maupun mancanegara. Tidak ada satupun candi di seluruh dunia yang menyerupai gaya arsitek candi ini.

Candi yang dibangun di era dinasti Syailendra ini sangat pas sekali untuk Anda yang hobi fotografi. Banyak spot menarik yang bisa diambil untuk diabadikan, apalagi disaat sunset.

Borobudur penuh dengan ornamen filosofis dimana menyimbolkan secara gamblang tentang perbedaan jalur yang dapat diikuti untuk mencapai tujuan hidup.

Relief yang terukir di dinding candi memberitahukan keindahan dalam mempelajari hidup. Dengan kata lain, Borobudur memiliki jiwa seni, filosofis dan budaya.

Setiap relief memiliki ceritanya masing-masing. Untuk lebih mengerti tentang makna relief serta sejarah candi ini, Anda dapat mengikuti tur atau pemandu berlisensi untuk membimbing Anda

Dari yogyakarta Borobudur bisa ditempuh mengunakan mobil. Hanya akan memakan waktu sekitar satu jam untuk sampai kesana. Anda dapat mengikuti tur atau menyewa mobil.

Dengan menaiki candi menakjubkan ini, Anda dapat mengagumi setiap relief yang terpapar pada batu-batu di sekeliling Anda.

Aneka souvenir berupa miniatur Borobudur dari perak (atau berlapis perak), gantungan kunci, kaos oblong hingga kartu pos bergambar Borobudur, bisa Anda dapatkan di area candi.

Dan bagi yang berkunjung ke candi ini, ada semacam mitos yang mengatakan apabila Anda berhasil menyentuh figur sang Buddha yang terdapat di dalam stupa, maka keinginan anda akan terkabul. Anda penasaran?

sumber: MARKET+


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kumpulan cerpen, kisah hikmah, kisah teladan, cerita islami, humor sufi, tauziah dan lain-lain semua terangkum dalam Cerita Kehidupan tersaji untuk anda, dan Selamat Membaca